Minggu, 25 November 2018

PENGENALAN SCRATCH

Apa itu Scratch?

Scratch merupakan salah satu bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan bahasa pemrograman yang sederhana dan mudah untuk dipahami semua orang. Oleh karena itu  scratch ini sering digunakan oleh orang-orang yang baru mengenal bahasa pemrograman. Salah satu guna scratch ini adalah untuk membuat game.

Konsep Scratch

Konsep pemrograman yang digunakan dalam scratch ini seperti menyusun puzzle-puzzle. Perintah-perintahnya terbuat dalam bentuk balok-balok yang nantinya akan disusun sesuai dengan keinginan dan logika pengguna.

Tampilan depan scratch


Komponen Scratch

1.      Gerakan (motion)



Gerakan ini digunakan ketika pengguna ingin menggerakkan spritenya, kekiri, kekanan, kekanan, keatas, kebawa, berpindah, berputar searah jarum jam, bergeser, dll.

2.      Tampilan (Looks)



Tampilan(looks) ini digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan sprite, menampilkan percakapan, mengganti kostum sprite, dll.

3.      Suara (Sound)



Suara ini digunakan untuk mengisi backsound sprite. Selain untuk mengisi backsound, dalam toolbox suara ini juga ada perintah untuk mengatur volume suara, mengatur alat musik yang digunakan, lama musik dimainkan, dll.

4.      Pena (Pen)



Tool pena ini digunakan ketika pengguna ingin menebalkan atau menipiskan ukuran pena, mengatur warna pena, dan mengatur letak pena.

5.      Kontrol (Control)


        
Kontrol ini digunakan untuk mengontrol script atau sprite, kapan script  akan dimainkan dan kapan script akan dihentikan, apa yang akan dilakukan ketika sprite diklik, menjalankan script tanpa henti dan mengulangi script, dan mengkondisikan sprite.

6.      Sensor (Sensing)


    
Dengan menggunakan sensor ini pengguna dapat meminta laporan apakah sprite menyentuh sesuatu yang tidak diinginkan dan apakah sprite menyentuh warna yang diatur tidak boleh disentuh, menampilkan pertanyaan pada layar dan meminta masukan dari keybord, serta meminta laporan lain-lainnya.

7.      Operator (Operators)


         
Operator ini berisi perintah-perintah dalam perhitungan matematika, ada penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan akar kuadrat. Selain itu operator  ini juga dapat digunakan ketika pengguna ingin menggabungkan string dan mengambil bilangan bulat dalam kisaran tertentu.

8.      Data


       
Make Variabel, sesuai dengan namanya digunakan  untuk membuat variabel. Contoh: Pengaturan Score,  level, dan time pada pembuatan game.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGENALAN SCRATCH

Apa itu Scratch? Scratch merupakan salah satu bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan bahasa pemrograman yang sederhana dan...