Apa itu Scratch?
Scratch merupakan salah satu bahasa pemrograman yang
didesain untuk memperkenalkan bahasa pemrograman yang sederhana dan mudah untuk
dipahami semua orang. Oleh karena itu scratch ini sering digunakan oleh
orang-orang yang baru mengenal bahasa pemrograman. Salah satu guna scratch ini
adalah untuk membuat game.
Konsep Scratch
Konsep pemrograman yang digunakan dalam scratch ini
seperti menyusun puzzle-puzzle. Perintah-perintahnya terbuat dalam bentuk
balok-balok yang nantinya akan disusun sesuai dengan keinginan dan logika
pengguna.
Tampilan depan scratch
Komponen Scratch
1. Gerakan (motion)
Gerakan ini digunakan ketika pengguna ingin menggerakkan
spritenya, kekiri, kekanan, kekanan, keatas, kebawa, berpindah, berputar searah
jarum jam, bergeser, dll.
2.
Tampilan (Looks)
Tampilan(looks) ini digunakan untuk menampilkan atau
menyembunyikan sprite, menampilkan percakapan, mengganti kostum sprite, dll.
3.
Suara (Sound)
Suara ini digunakan untuk mengisi backsound sprite.
Selain untuk mengisi backsound, dalam toolbox suara ini
juga ada perintah untuk mengatur volume suara, mengatur alat musik yang
digunakan, lama musik dimainkan, dll.
4.
Pena (Pen)
Tool pena
ini digunakan ketika pengguna ingin menebalkan atau menipiskan ukuran pena,
mengatur warna pena, dan mengatur letak pena.
5.
Kontrol (Control)
Kontrol ini digunakan untuk mengontrol script atau
sprite, kapan script akan dimainkan dan kapan script akan dihentikan, apa
yang akan dilakukan ketika sprite diklik, menjalankan script tanpa henti dan
mengulangi script, dan mengkondisikan sprite.
6.
Sensor (Sensing)
Dengan menggunakan sensor ini pengguna dapat meminta
laporan apakah sprite menyentuh sesuatu yang tidak diinginkan dan apakah sprite
menyentuh warna yang diatur tidak boleh disentuh, menampilkan pertanyaan pada
layar dan meminta masukan dari keybord, serta meminta laporan lain-lainnya.
7.
Operator (Operators)
Operator ini berisi perintah-perintah dalam perhitungan
matematika, ada penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan akar kuadrat. Selain
itu operator ini juga dapat digunakan ketika pengguna ingin menggabungkan
string dan mengambil bilangan bulat dalam kisaran tertentu.
8.
Data
Make Variabel, sesuai dengan namanya digunakan
untuk membuat variabel. Contoh: Pengaturan Score, level, dan time pada
pembuatan game.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar