1. Review Game
Terinspirasi dari game yang melegenda “Super Mario Bross”, game ini kami buat untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Visual Programming pada perkuliahan Kami. Dibekali dengan dasar-dasar dan algoritma pemrograman yang telah diajarkan oleh dosen Kami Pak Muchayyan, kami menyusun game ini dengan sedemikian rupa agar mudah dipahami dan dimainkan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.
Game ini menceritakan tentang perjuangan seorang mahasiswa dalam menggapai gelar Sarjana di Universitas Narotama. Banyak rintangan yang harus dihadapi oleh Mahasiswa tersebut, mulai dari ancaman Narkoba (dalam game ini kami gambarkan dengan lambang tengkorak), serta jalan yang ia hadapi yang tidaklah mudah. Seperti halnya dengan perkuliahan pada umumnya, setiap semester atau setiap level pada game ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Tidak hanya itu, Mahasiswa juga diharuskan menyelesaikan tugas-tugas yang ada agar mendapatkan nilai yang baik.
Pembuatan game ini kami beri tema tentang perkuliahan dengan latar belakang gambar Universitas Narotama agar pemain lebih menghayati saat memainkan game ini. Tokoh atau actor utama yang memerankanpun kami buat seperti Mahasiswa yang sedang memakai toga. Tujuannya adalah agar pemain merasa semangat dalam menggapai kelulusan atau akhir dari game ini.
2. Proses Pembuatan Game
A. Menentukan Tema Game
B. Menentukan Tujuan Game
Tujuan dalam game ini adalah untuk menyelesaikan setiap level, mulai dari level terendah sampai dengan level tertinggi dengan melewati berbagai rintangan serta menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Hal ini menggambarkan perjuangan seorang mahasiswa dalam melewati setiap semester pada perkuliahannya sebelum akhirnya ia mendapatkan gelar sarjana di akhir perkuliahannya.
C. Membuat Aktor Game
D. Membuat Karakter Properti / Equipment
Selain Aktor, terdapat juga beberapa karakter properti yang kami buat dalam game ini. Ada pula karakter yang menghalangi mahasiswa dalam menggapai kelulusannya (Level Finish), diantaranya sebagai berikut :
- Drugs (narkoba) kami gambarkan dengan tengkorak berjalan
- Tanaman berduri yang muncul di tempat - tempat tertentu / muncul dari sebuah pipa
- Peluru yang melintas
E. Menentukan Aturan Permainan
Di dalam setiap game yang dibuat, pasti terdapat suatu aturan atau tata cara agar kita dapat menyelesaikan permainan tersebut. Aturan / tata cara dalam permainan ini adalah kita sebagai mahasiswa harus dapat menyelesaikan setiap rintangan yang tersedia agar bisa mendapat gelar sarjana (Level Finish). Jumlah level yang tersedia di dalam game ini sebanyak 5 level. Semakin tinggi level yang kita dapat, maka akan semakin sulit pula rintangan yang akan kita hadapi.
Setiap mahasiswa harus mengumpulkan buku sebanyak - banyaknya. Di dalam setiap level, kita akan disuguhkan dengan beberapa rintangan, misalnya narkoba / drugs (di dalam game ini kami simbolkan dengan tengkorak), tanaman berduri, maupun peluru yang melintas. Jika kita mengenai rintangan tersebut, maka kita akan mati, nyawa akan berkurang dan mengulang game tetapi dalam level terakhir kita mati. Kita hanya memiliki 3 kesempatan / 3 nyawa untuk dapat menyelesaikan semua level yang ada.
F. Membuat Animasi Suara Game
Pernakah Anda memainkan Game tanpa suara? Bagaimana rasanya?
Memainkan game tanpa suara bagaikan makan sayur tanpa garam. Yaps, Hambar
rasanya. Suara, saat ini menjadi kebutuhan penting dalam pembutan suatu Game.
Suara yang dibutuhkan cukup kompleks, bisa dalam bentuk suara efek (SFX),
dialog atau percakapan, atau musik latar belakang atau biasa disebut backsound
music (BGM).
Lantas apa itu suara efek? Jika kita mendengan suara “tring” dari pedang, “dor”
dari pistol, “buum” dari ledakan, maka itulah yang kami maksud dengan efek
suara. Ketika kita sedang bermain game, maka sebenarnya kita sedang mendengakan
efek suara dari game tersebut. Efek suara direkam dari suara di dunia aslinya
kemudian dimasukkan ke dalam game. Ada pula suara-suara tambahan yang sebenarnya
di dalam dunia aslinya tidak ada suara, seperti suara melompat, berjalan, dan
sebagainya. Namun di dalam game ini, kami sengaja memberi efek suara pada
hampir setiap gerak gerik aktor untuk menambah kesan visual.
Sedangkan BGM adalah musik yang mengiringi kita setiap kali kita memulai game
tersebut. Musik ini biasanya dimulai sejak awal permainan hingga game over.
Dalam game ini, BGM kami buat untuk menggambarkan suasana yang dialami karakter
dalam game
G. Tahap Pemrograman
Memprogram adalah bagian yang tidak ditentukan sebelum atau sesudah tahapan yang lainnya. Dan bisa saja tahap ini dikerjakan bersamaan dengan tahapan lainnya. Dalam game ini, kami memakai aplikasi Scratch untuk membantu kami dalam pembuatannya. Scratch adalah sebuah bahasa pemrograman visual untuk lingkungan pembelajaran yang memungkinkan pemula (entah murid, guru, pelajar, atau orangtua) untuk belajar membuat program tanpa harus memikirkan salah-benar penulisan sintaksis.
Agar dapat lebih memahami tentang Game ini, kami telah menyiapkan tutorial maupun script pembuatan game "Perjuangan Menggapai Gelar Sarjana" ini. Untuk lebih detailnya, silahkan Klik Link dibawah ini :
"Script Game Perjuangan Menggapai Gelar Sarjana"
Agar dapat lebih memahami tentang Game ini, kami telah menyiapkan tutorial maupun script pembuatan game "Perjuangan Menggapai Gelar Sarjana" ini. Untuk lebih detailnya, silahkan Klik Link dibawah ini :
"Script Game Perjuangan Menggapai Gelar Sarjana"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar