Pemrograman Game "Menggapai Gelar Sarjana"

Script Pemrograman


Setelah kita selesai membuat Aktor serta properti pendukung dalam game ini, langkah yang berikutnya adalah memulai menyusun scipt game. Berikut kami jelaskan bagian-bagian script yang telah kami susun dalam game ini :

1. Srcipt Aktor / Pemeran Utama


Srcipt aktor memposisikan dimana aktor ditempatkan saat game dimulai. Serta transisi dari gerakan-gerakan aktor agar bisa bergerak maju, mundur, serta melompat.


Saat bendera diklik, game tidak langsung dimulai, kita setting dengan menekan huruf S untuk memulai game, tentunya setelah mengklik bendera hijau


Srcipt ini menjelaskan ketika Aktor mati, baik terkena drugs, tanaman, atau jatuh, maka musik latar belakang berhenti kemudian dijalankan efek suara jatuh

2. Script Bendera


Bendera dalam game ini menandakan akan berakhirnya suatu level yang dilewati oleh actor. Aktor harus melompat ke bendera dan menaiki bendera tersebut sebelum dapat melanjutkan ke level berikutnya. Funsi bendera dalam game ini adalah untuk melanjutkan ke level berikutnya. Bendera diletakkan diatas tiang dan aktor harus memanjat serta menaiki bendera tersebut.

Script ini menjelaskan tentang posisi default bendera saat game di mulai. Posisi bendera ada pada x=220 dan dapat turun ke x=32 ketika actor manaiki bendera tersebut.
Script ini menjelaskan posisi bendera pada setiap level, dimana setiap level akan ada satu bendera pada akhir level

Script ini menjelaskan bagaimana efek suara diputar saat bendera dinaiki oleh actor diiringi dengan gerakan bendera turun ke bawah. 


3. Script Block Buku


Block Buku adalah suatu kotak yang defaultnya bertuliskan tanda tanya. Aktor harus menyundul block tersebut untuk memunculkan buku atau tugas yang ada di dalamnya.

Script ini menjelaskan dimana posisi-posisi block buku diletakkan di semua level dalam game ini. Serta bagaimana reaksi ketika block disundul oleh aktor, perubahan tampilan block, serta cara memunclkan buku yang ada di dalam block

Script ini menunjukkan penempatan-penempatan block buku di semua level dalam game
Script ini menunjukkan penempatan-penempatan block buku di semua level dalam game
Script ini menunjukkan penempatan-penempatan block buku di semua level dalam game



 4. Script Buku


Buku dalam game ini melambangkan tugas yang harus dikumpulkan oleh mahasiswa untuk bisa mendapatkan nilai yang maksimal.


Script "createInsteance" menjelaskan dimana posisi-posisi buku diletakkan di semua level dalam game ini. Didalam scrpt "clone" menjelaskan jika kita sempat mengambil buku tapi kemudian kita mati dan mengulang level, maka buku yang telah kita ambil tersebut tidak akan muncul lagi.




5. Script Drugs


Drugs / narkoba merupakan salah satu tantangan yang dihadirkan dalam game ini. Drugs disini dilambangkan dengan tengkorak. Barangsiapa yang mengenai drugs maka dia akan mati dan nyawanya akan terkurangi.


Script  "createInsteance" menjelaskan dimana posisi-posisi drugs diletakkan di semua level dalam game ini. Script "clone"  menjelaskan tentang gerakan drugs, jalan ke kiri maupun ke kanan, ketika dia diinjak, sampai dia menghilang setelah diinjak dua kali.

script "moveAndCostume" menjelaskan tentang cara pergerakan aktor serta pergantian posisi, misal ketika berjalan ke kanan, ke kiri, maupun ketika diinjak. Script "hitAboveState" menjelaskan bagaimana ketika aktor (drugs) diinjak.

Script "aliveAgain" menjelaskan tentang aktor yang akan kembali hidup jika tidak diinjak sebanyak 2 kali. 

Script "HitBeside" menjelaskan bagaimana jika aktor (mario) mengenai drugs dari arah samping.
Script "HitAboveState2" menjelaskan jika drugs diinjak 2 kali, maka dia akan didelete / mati.



6. Script Floor / Lantai Game


Sesuai namanya, Floor dalam game ini berfugsi sebagai lantai dari actor dan semua karakter yang ada di game ini. Floor disini bersifat static, atau tidak dapat bergerak, sehingga scripnyapun hanya menunjukkan penempatan-penempatan dari floor pada setiap level dalam game ini.








 7. Script Launcher


Launcher dalam game ini berfungsi untuk membuat aktor (mahasiswa) dapat meloncat lebih tinggi dari biasanya, dalam hal ini 2 kali lipat jika dibandingkan dengan ketika aktor meloncat dengan menekan tombol jump.


Sript "createInsteate" menjelaskan tentang tata letak launcher, yang ditampilkan hanya di level 3 dan 4.

Script "clone" menjelaskan tentang bagaimana launcher ini berfungsi. Launcher dapat membuat aktor melompat 2 kali lipat dari biasanya, serta menunjukkan pergantian bentuk launcher dari awal, ketika diinjak aktor, maupun sampai ketka membuat aktor meloncat.


8. Script Pipa / Tube


Pada umumnya pipa merupakan tempat keluarnya tanaman yang juga termasuk rintangan bagi aktor. Pipa juga termasuk pijakan untuk aktor.

Sript "createInsteate" menjelaskan tentang tata letak pipa, yang ditampilkan hanya di level 3 dan 4.




9. Script Plant / Tanaman Berduri

Plant atau tanaman berduri merupakan salah satu musuh dari aktor. Jika aktor mengenai plant, maka aktor akan mati dan dapat mengurangi nyawa. Tanaman awalnya tersembunyi, baik di dalam pipa maupun di dalam lantai. Ketika aktor mendekati tanaman, maka tanaman perlahan-lahan akan menampakkan diri, lalu kembali lagi ke dalam tanah/pipa. Begitu seterusnya.


Script "startGame" menunjukkan ketika kita memulai game, maka plant dihilangkan / dihidden.
Script  "createInsteance" menjelaskan dimana posisi-posisi plant diletakkan di semua level dalam game ini.
Script "growPlant" menunjukkan tentang bagaimana plant muncul.

Script "PlantCostume" menjelaskan tentang bagaimana perubahan tanaman. Dari yang membuka kelopaknya, hingga menutupnya kembali.



10. Script Score Tugas

Tugas dalam game ini adalah skor jumlah buku yang berhasil didapatkan oleh actor sepanjang permainan. Tugas secara otomatis bertambah setelah actor berhasil mengambil icon buku pada permainan ini.


Script ini menjelaskan tentang posisi score tugas saat game dimulai, yaitu di posisi x=0 dan y=160. Dalam game ini, posisi tersebut ada di tengah bagian atas tampilan game

Saat game dimulai, custome secara default akan menunjukkan angka Nol, dan akan terus bertambah ketika actor mendapatkan buku


Script ini berfungsi sebagai penambahan skor atau nilai secara otomatis dengan cara mengubah angka yang sudah kami buat di dalam Custome Digit angka. Saat game dimulai, custome secara default akan menunjukkan angka Nol, dan akan terus bertambah ketika actor mendapatkan buku



11. Script Wall / Dinding


Sama halnya dengan Floor, fungsi wall disini hanya sebagai pijakan dari actor atau penempatan karakter lainnya. Yang membedakan hanyalah posisi penempatan wall yang melayang sedangkan floor hanya di bawah. Dan scripnyapun hanya menunjukkan penempatan-penempatan dari wall pada setiap level dalam game ini.










12. Script Next Level


Tampilan Next Level muncul ketika Aktor telah berhasil melewati level tertentu. Tampilan ini hanya terdiri dari sebuah backgroud yang terdapat tulisan "Semester Berikutnya", sehingga scriptnya hanya sederhana, berikut scripnya

Jika bendera di klik, posisikan tampilan Next level ke posisi x = 0 dan y = 0, jika level komplit, maka tampilkan tampilan next level, jika tidak, maka sembunyikan tampilan next level



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGENALAN SCRATCH

Apa itu Scratch? Scratch merupakan salah satu bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan bahasa pemrograman yang sederhana dan...